Ciptakan Mesin Ekstraktor Albumin Ikan Gabus, bukti Karya dan Inovasi Program Studi TPH

Rabu, 19 Mei 2021

Direktur Politeknik AUP didampingi para Wakil Direktur dan jajaran pimpinan serta Kaprodi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH), secara simbolis melepas unit Mesin Ekstraksi Albumin Ikan Gabus pada Senin (17/5) lalu di Gedung Albacore.


Mesin Ekstraktor Albumin Ikan Gabus yang merupakan hasil inovasi Program Studi TPH - Politeknik AUP ini dilakukan salah satunya sebagai upaya uji coba di Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin, Kalimantan Selatan. Selanjutnya mesin tersebut akan digunakan oleh BPBAT Mandiangin untuk uji coba ekstraksi albumin.


Direktur Politeknik AUP, menyampaikan bahwa mesin ekstraksi albumin ini merupakan salah satu bukti karya dan inovasi dari taruna program studi TPH dengan bimbingan para dosen, yang diharapkan dapat menjadi satu produk yang bermanfaat bagi masyarakat. Diharapkan ke depannya akan semakin banyak lahir produk-produk inovasi lainnya dari Politeknik AUP.


Mesin Ekstraktor Albumin Ikan Gabus Politeknik AUP ini juga menjadi salah satu bentuk kekayaan intelektual bidang kelautan dan perikanan, yang sedang dalam tahap register dan mediasi hak paten di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, difasilitasi Sentra Kekayaan Intelektual KKP.