Pelatihan Basic Safety Training Taruna Politeknik AUP 2022

Selasa, 22 Februari 2022

Dalam rangka peningkatan kompetensi kepelautan para Taruna Politeknik AUP, maka diselenggarakannya pelatihan Basic Safety Training (BST) bagi 48 Taruna semester IV Program Studi TPI dan MP. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Sub Unit Keterampilan Pelaut (SUKP) Politeknik AUP pada tanggal 8 s.d. 16 Februari 2022 yang terbagi dalam dua angkatan yakni angkatan II dan III tahun 2022.

 

Kurikulum pelatihan ini telah mengacu pada standar pelatihan yang ditetapkan oleh Internasional Maritime Organisation (IMO) sebagaimana tercantum dalam konvensi internasional Standard Training Certification and Watchkeeping (STCW) 1978 amandemen 2010. 

 

Melalui kegiatan ini, Taruna dapat memiliki kompetensi sesuai standar yang diharapkan, serta pengetahuan dan keterampilan dasar keselamatan di kapal. Selain itu, setelah mengikuti pelatihan dan dinyatakan lulus, Taruna berhak memperoleh Sertifikat BST dan kode pelaut Indonesia (Seafarer Code) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan RI, selaku mandatori IMO di Indonesia.