Icon


Penelitian & Pengabdian Masyarakat


Penelitian Politeknik AUP

Fokus

Sebagai perguruan tinggi vokasi, pelaksanaan penelitian di Politeknik AUP fokus pada riset terapan pada bidang teknologi penangkapan ikan, disain dan pengembangan mesin perikanan, teknologi pengolahan hasil perikanan, teknologi akuakultur, pengelolaan sumberdaya peraairan dan penyuluhan perikanan.

SOP Penelitian Terapan

SOP penelitian terapan lingkup Politeknik AUP dapat diunduh di sini: Download

Proposal Lolos Seleksi

Tahun 2017:

  • Rancang Bangun Trammel Net sebagai Alat Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan di Perairan Serang Banten
  • Pengelolaan Pesisir di Teluk Banten: Analisis Hubungan antara Beban Pencemaran dan Biota Asosiatifnya
  • Rancang Bangun Mesin Pelet Ikan Skala Kecil
  • Ektraksi, Purifikasi dan Pemanfaatan Minyak Ikan sebagai Produk Pangan Fungsional
  • Budidaya Sistem Bioflok dengan Pakan Mandiri untuk Meningkatkan Kandungan Protein (omega 3) pada Ikan Lele
  • Survey dan Pemetaan Profesi Alumni AUP

Pengabdian Masyarakat

29 September 2021

Tepat tanggal 29 September 2021, Politeknik AUP Secara informal telah melakukan kegiatan penandatanganan Kerjasama terkait pengabdian kepada masayarakat Bersama Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang. Serangkaian acara dimulai dari acara penandatangan Kerjasama di Gedung Pemberdayaan Pemberdayaan Lokasi Ketapang Urban Aquaculture, Desa Ketapang, Kec. Mauk, Kab. Tangerang, yang dilanjutkan dengan peninjauan lokasi, pemberian bantuan produk inovasi Politeknik AUP-LSA bakteria sebagai bahan pengkaya pakan kepada petambak udang sekitar, serta ramah tamah yang dilanjutkan dengan diskusi untuk program Kerjasama yang akan disepakati oleh kedua pihak.



Author
Author
Author


Kerja sama ini, merupakan salah satu bentuk program pengabdian masyarakat oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik AUP dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perubahan dari pada sikap masyarakat perikanan, agar menjadi SDM yang unggul dan kompeten serta berdaya saing tinggi di sector perikanan.



17 Desember 2020

Pengukuhan Desa Mitra, 17 Desember 2020. Pengabdian Kepada masyarakat di wiliyah Desa Mitra, Pembuatan Pakan Alami Ikan. Politeknik Ahli Usaha Perikanan, Program Studi Penyuluhan Perikanan Sub Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.



Author
Author


Kegiatan ini dilakukan untuk menambah informasi kepada pelaku utama. Dikalangan Pembudidaya Nama Manggot sudah tidak asing lagi dan boleh dikatakan sangat popular, manggot dapat dijadikan sebagai pakan alternatif untuk pakan ikan dan unggas, selain itu manggot dapat mereduksi sampah dan memiliki nilai ekonomis. Untuk mengetahui kelayakan usaha budidaya maggot, maka 7 orang dosen yang tergabung dalam kelompok ilmuwan manajemen dan bisnis dilakukanoleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, pengambilan data dilakukan secara survey di 5 (lima) lokasi budidaya baggot pada tanggal 30 November 2020 s.d tanggal 4 Desember 2020. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui, kelayakan usaha budidaya manggot yang dilkukan dengan memperhatikan sub-sub system usaha.



13 Maret 2019

Pengabdian masyarakat adalah suatu bentuk kegiatan institusi yang diadakan oleh dosen/civitas akademik (baik dengan atau tanpa mahasiswa), yang ditujukan untuk masyarakat sebagai salah satu dharma atau tugas pokok perguruan tinggi, sebagaimana yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.



Author
Author
Author
Author


Sekolah Tinggi Perikanan (STP) menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, Rabu (13/3/2019), di Desa Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten, berupa pelatihan pengoperasian dan perawatan mesin kapal perikanan untuk nelayan serta pelatihan pengolahan hasil perikanan untuk ibu rumah tangga. Pelatihan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Praktik Pengenalan Kehidupan Masyarakat Pesisir. Kegiatan pelatihan dibuka oleh Pembantu Ketua I STP dan Sekretaris Desa Kronjo.